Viral Momen Petani Cantik Tengah Panen Jamur Tiram di Kampung Terpencil

Petani cantik dari Tasikmalaya, Jawa Barat, Santi (Youtube)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Senin, 8 Agustus 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Belum lama ini tengah viral video di media sosial memperlihatkan seorang petani jamur tengah melakukan proses panen jamur tiram. Petani tersebut bahkan disebut sebagai gadis cantik dari kampung terpencil di Tasikmalaya.

Melalui unggahan akun Youtube Channel vlog Pedesaan yang berjudul Perjuangan Gadis Cantik Dengan Rutinitasnya di Kampung Terpencil Indah, Tasikmalaya, diketahui petani cantik itu bernama Santi. Setiap pagi ia berjalan kaki ke tempat budidaya jamur. Di sana, ia mengambil jamur siap panen dari baglog atau media tanam jamur yang terbuat dari serbuk gergaji, kapur dan bekatul yang dibungkus dengan plastik bening.

"Setiap hari panen jamurnya, (hasil panen) dijual ke bandar. Ada waktu tertentu untuk panen kalau panen jam 9 atau 11 pagi. Kalau panen jam 6 pagi enggak bisa karena masih kecil jamurnya," ujar Santi.

Perbedaan Jenis Jamur Tiram Putih dan Hitam

Dalam video unggahan itu, tampak Santi tengah sibuk memanen jamur dari baglog. Ia menjelaskan bahwa terdapat dua jenis jamur tiram yang dibudidayakan, yakni jamur tiram putih dan hitam. Keduanya memiliki perbedaan seperti harga jual dan kualitas.

"Sekilo jamur ini harga jualan di rumah Rp13 ribu, kalau ke bandar sekilo Rp ribu. Sementara jamur hitam dijual di rumah seharga Rp20 ribu, kalau ke bandar Rp24 ribu," terangnya.

Santi mengungkapkan proses panen jamur tiram memakan waktu hingga 2 jam. Setelah dipanen, jamur dibersihkan terlebih dahulu sebelum dijual.

Baca Juga: Viral Momen Petani Cantik Tengah Panen Jamur Tiram di Kampung Terpencil
Viral Momen Ibu-ibu Petani Salat di Tengah Sawah, Publik: Sungguh Indah

Curi Perhatian Warganet

Sontak unggahan tersebut pun viral dan berhasil menyita perhatian warganet. Hingga berita ini dibuat sudah lebih dari 11 ribu pengguna yang menyaksikan unggahan ini. Tak sedikit pula warganet yang mengatakan bahwa petani satu ini memiliki paras yang cantik.

"Gadis desa nya cantik, alam nya juga indah mantap kang," ujar seorang warganet.

"Jadi tahu kalau jamur yang warna hitam itu lebih mahal daripada yang putih ya ka, sangat informatif sekali. Sehat terus ka Santi cantik dan sukses selalu," puji warganet lainnya.

Video Terkait