Ambisi Malaysia Majukan Pertanian Lokal dengan Inovasi Teknologi

Ilustrasi - Tanaman padi. (Pixabay)

Editor: Dera - Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Tan Sri Annuar Musa mengatakan para petani harus diberikan akses pemanfaatan teknologi untuk industri pertanian. Menurutnya, teknologi pertanian juga harus terjangkau bagi para petani.

Penegasan itu diungkapkan Tan Sri Annuar Musa pada pembukaan pameran pertanian Malaysia Agriculture, Horticulture & Agrotourism (Maha) 2022, belum lama ini.

Dia mengatakan bahwa Malaysia Agriculture, Horticulture & Agrotourism (Maha) 2022 adalah platform yang sempurna untuk menciptakan kesadaran tentang ketersediaan inovasi teknologi yang dapat mengubah pandangan pertanian lokal.

“Penting untuk membuat teknologi lebih murah karena bukan hanya tentang ketersediaan tetapi juga penting untuk membuatnya terjangkau bahkan bagi petani biasa untuk berinvestasi dalam teknologi,” katanya kepada wartawan setelah mengunjungi vendor pada acara yang diadakan di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS), Serdang.

“Penting juga untuk memastikan bahwa petani dapat berinvestasi dan mendapatkan kembali uang yang telah mereka investasikan," ujarnya, seperti dilansir Malay Mail.

Pada kesempatan itu, Tan Sri Annuar Musa juga meluncurkan Agrex, atau Program Akselerasi Agro-Budaya yang memungkinkan siswa sekolah mengunjungi pertanian dan situs pertanian untuk belajar dan menghargai mereka.

Baca Juga: Ambisi Malaysia Majukan Pertanian Lokal dengan Inovasi Teknologi
Cara Mauritania Lindungi Pertanian Akibat Terjadinya Perluasan Gurun Pasir



Pameran dua tahunan yang terakhir diadakan pada tahun 2018 ini akan berlangsung selama 11 hari di MAEPS mulai dari tanggal 4 Agustus hingga 14 Agustus. Maha 2022 juga melibatkan investasi lebih dari RM4 miliar oleh pelaku industri dalam negeri serta teknologi dari luar negeri yang akan diselesaikan melalui sembilan Memorandum of Understanding (MoU).

Pameran pertanian terbesar dan paling bergengsi ini juga menampilkan 1.500 peserta pameran dengan perkiraan 100.000 pengunjung setiap hari.

Video Terkait