Masyarakat Xinjiang Uygur Manfaatkan Kebun Anggur sebagai Agrowisata

Ilustrasi kebun anggur. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Jumat, 22 Juli 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Petani anggur di Turpan, sebuah kota di wilayah otonomi Xinjiang Uygur, menghasilkan pendapatan tambahan dengan agrowisata. Pertanian mereka menjadi tujuan wisata yang semakin populer.

Selama tur inspeksi pada 14 Juli, Presiden Cina Xi Jinping mengunjungi Putaogou atau lembah anggur. Presiden Xi Jinping mempelajari upaya daerah tersebut mengembangkan industri anggur.

Mengutip China Daily, Jumat (22/7/2022), Xi Jinping mengatakan bahwa keindahan dan kesuburan Turpan dengan kekayaan buahnya, adalah hadiah dari alam. Penting untuk menanganinya dengan baik.

Pembangunan sosial ekonomi dan perlindungan lingkungan juga perlu dilakukan. Hal tersebut agar pengembangan terpadu budaya dan pariwisata berjalan baik, serta menciptakan industri yang memperkaya masyarakat.

Liu Yongjian, yang memimpin Komite Manajemen Wisata Lembah Anggur, mengatakan sekitar sepertiga dari pendapatan tahunan petani berasal dari pariwisata.

"Putaogou, sebidang tanah subur yang sempurna untuk menanam anggur, adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Xinjiang. Pariwisata meningkatkan pendapatan lokal. Banyak penduduk membuka restoran dan fasilitas homestay untuk mengakomodasi wisatawan," kata Liu Yongjian.

Yumetjan Memet, seorang manajer mengatakan homestay di area Putaogou penuh dipesan selama akhir pekan dan menyambut tamu dari seluruh Cina.

"Para tamu seringkali tidak bisa menyembunyikan kegembiraan mereka ketika mereka tiba karena selain perkebunan anggur yang menakjubkan, mereka juga dapat menikmati budaya dan masakan dari kelompok etnis Uygur," jelas Yumetjen Memet.

Turpan memiliki tradisi sejarah panjang menanam anggur, yang merupakan salah satu industri pilar kota. Catatan paling awal dari pertanian anggur di daerah tersebut berasal dari 2.000 tahun yang lalu.

Selain itu, Turpan juga merupakan daerah utama Cina untuk budidaya anggur, menghasilkan sekitar seperlima dari anggur negara itu.

Baca Juga: Masyarakat Xinjiang Uygur Manfaatkan Kebun Anggur sebagai Agrowisata
Bogor Punya Wisata Baru, Petik Berbagai Jenis Buah Anggur di Kebun

Panen anggur saat ini sedang berlangsung di daerah tersebut. Akibatnya, udara area itu diresapi dengan aroma buah anggur yang matang, yang merupakan pengalaman unik dan tak terlupakan, kata Yumetjan.

"Banyak tamu memutuskan untuk memperpanjang masa tinggal mereka karena mereka sangat menikmati waktu mereka di sini," tukasnya.

Video Terkait