Lebah Berperan Tingkatkan Hasil Panen dan Stabilkan Harga Pangan

Ilustrasi lebah. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Selasa, 19 Juli 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Para ilmuwan di University of Reading menganalisis data bertahun-tahun tentang efek penyerbuk yang kurang dipahami pada stabilitas hasil panen. Mereka menemukan ada 32 persen lebih sedikit variasi dalam hasil tanaman yang dikunjungi lebah dan penyerbuk lainnya daripada yang tumbuh tanpa penyerbuk.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Ecology Letters menunjukkan bahwa penyerbuk dapat membantu mengurangi masalah pasokan dan guncangan pasar yang menyebabkan lonjakan harga global.

Publikasi ini menandai dimulainya Bee's Need Week (18-24 Juli) sebuah inisiatif yang dipimpin Pemerintah Inggris yang memperjuangkan penyerbuk dan manfaatnya. Pada tahun ini, kegiatan ini mendorong orang untuk mengambil lima tindakan sederhana untuk mendukung penyerbuk.

Acara peluncuran yang dipimpin oleh para ilmuwan University of Reading berlangsung sejak Senin 18 Juli di Tower of London, di mana atraksi Superbloom yang terdiri dari 20 juta bunga liar di parit dipamerkan kepada publik sepanjang musim panas.

Seorang peneliti ilmu tanaman di University of Reading, Jake Bishop, yang memimpin penelitian, mengatakan, "Temuan kami menunjukkan bahwa melestarikan penyerbuk memberikan manfaat ganda, mengurangi fluktuasi pasokan makanan serta meningkatkan pasokan di tempat pertama."

“Produksi makanan bergizi yang stabil dan dapat diprediksi adalah kebutuhan bagi petani dan untuk ketahanan pangan global. Kami melihat saat ini bahwa ketidakstabilan atau guncangan di seluruh sistem pangan dapat menyebabkan kenaikan harga pangan secara dramatis," kata dia dikutip dari Science Daily.

"Penelitian telah mengungkapkan alasan lain mengapa penyerbuk sangat penting bagi planet kita, dan bagi begitu banyak keluarga yang berjuang untuk memberi makan diri mereka sendiri dengan makanan yang cukup, aman dan bergizi."

"Lebah sangat penting dalam produksi tanaman buah dan sayuran. Sekitar setengah dari percobaan yang kami analisis menguji efek populasi penyerbuk nyata di ladang tanaman nyata sehingga hasil kami menggambarkan manfaat yang diberikan penyerbuk saat ini."

Sementara manfaat lebah sebagai penyerbuk untuk hasil tanaman sudah diketahui dengan baik, pengaruhnya terhadap stabilitas tanaman kurang dipahami sampai sekarang.

Penelitian baru menggabungkan hasil lebih dari 200 percobaan sebelumnya yang membandingkan hasil tanaman tanaman dengan dan tanpa penyerbukan serangga. Studi ini berfokus pada tiga spesies tanaman yang penting dan representatif secara global: kacang faba, lobak biji minyak, dan apel.

Studi ini menguji efek penyerbukan pada stabilitas hasil di dalam masing-masing tanaman dan ladang serta di ruang yang lebih besar. Penyerbukan serangga secara konsisten membuat hasil yang lebih mirip antara bunga pada tanaman, antara tanaman individu, daerah dalam bidang, atau antara bidang.

Efek stabilisasi penyerbukan diperkirakan disebabkan oleh efek langit-langit, di mana peningkatan hasil yang dihasilkan dari penyerbukan oleh serangga mencapai batas atas karena keterbatasan sumber daya lain yang mendukung pertumbuhan tanaman seperti nutrisi tanah atau akses ke air. Ini menciptakan garis dasar yang lebih tinggi dan lebih stabil yang dengannya fluktuasi hasil yang lebih sedikit.

Baca Juga: Lebah Berperan Tingkatkan Hasil Panen dan Stabilkan Harga Pangan
Tak Diduga, Area Persawahan di Blitar Ini Ternyata Dapur di Era Kerajaan Majapahit

Kenaikan harga pangan saat ini didorong oleh berbagai pelaku termasuk harga minyak yang tinggi dan berkurangnya kemampuan Ukraina untuk mengekspor produknya setelah diserang oleh Rusia. Ukraina adalah pengekspor minyak bunga matahari terbesar di dunia dan menyediakan sekitar 10 persen dari ekspor gandum dunia.

Lonjakan harga pangan sebelumnya pada tahun 2007-2008, ketika harga tanaman pangan utama dunia meningkat kira-kira dua kali lipat, diperkirakan sebagian didorong oleh kerugian produksi gandum yang mencapai kerugian sekitar 4,6 persen secara global.

Video Terkait