Pertanian Vertikal Terbesar di Dunia Telah Resmi Dibuka di Negara Ini

Pertanian vertikal. (Emirates.com)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 19 Juli 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Fasilitas pertanian vertikal hidroponik dalam ruangan terbesar di dunia, Bustanica telah resmi dibuka. Investasi pembangunan fasilitas pertanian canggih ini mencapai 40 juta dolar AS.

Dilansir zawya.com, fasilitas yang terletak di dekat Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai World Central ini dirancang untuk menghasilkan lebih dari 1.000.000 kilogram sayuran hijau berkualitas tinggi setiap tahun. 

Fasilitas pertanian seluas 330.000 kaki persegi ini diklaim membutuhkan 95% lebih sedikit air dibanding pertanian konvensional. Sistem loop tertutup dirancang untuk mensirkulasikan air melalui tanaman guna memaksimalkan penggunaan dan efisiensi air. Air yang menguap bahkan bisa dipulihkan dan didaur ulang ke dalam sistem.

Setiap saat, fasilitas pertanian itu menumbuhkan lebih dari 1m kultivar (tanaman), yang akan menghasilkan panen 3.000 kg per hari. Sementara siklus produksi berkesinambungan akan menghasilkan produk super segar dan bersih karena tumbuh tanpa pestisida, herbisida, atau bahan kimia.

Bustanica didukung pembelajaran mesin teknologi yang kuat, kecerdasan buatan dan metode canggih serta tim internal yang sangat terspesialisasi termasuk pakar agronomi, insinyur, ahli hortikultura, dan ilmuwan tanaman.

Baca Juga: Pertanian Vertikal Terbesar di Dunia Telah Resmi Dibuka di Negara Ini
Tak Punya Daratan, Warga Kampung Ini Sukses Budidaya Sayuran Hidroponik



Bustanica adalah fasilitas pertanian vertikal pertama milik Emirates Crop One, yakni usaha patungan antara Emirates Flight Catering (EKFC), salah satu operasi katering terbesar di dunia yang melayani lebih dari 100 maskapai penerbangan, dan Crop One, pemimpin industri pertanian vertikal dalam ruangan yang digerakkan oleh teknologi.

 

Video Terkait