TNI-Pemkab Sigi Berdayakan Petani Tanam Jagung

Ilustrasi Tanaman Jagung. (Foto: Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 18 Juli 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Korem 132 Tadulako berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memberdayakan petani di daerah itu agar dapat mengembangkan tanaman jagung, dalam rangka menunjang pembangunan ketahanan pangan nasional.

"Penanaman jagung ini dilaksanakan berdasarkan arahan Presiden untuk penguatan ketahanan pangan, dalam rangka membantu dan memberdayakan masyarakat termasuk petani yang terdampak pandemi COVID-19," kata Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto di sela-sela penanaman jagung dalam rangka ketahanan pangan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi di Wilayah Kodim 1306, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulteng, Senin.

Brigjen Toto Nurwanto mengemukakan, penanaman jagung merupakan salah satu program strategis nasional dengan tujuan untuk penguatan ekonomi petani yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia menyebut untuk wilayah Sulteng pihaknya telah membangun kerja sama dengan pemerintah daerah kabupaten dan kota untuk penanaman jagung dan padi.

Melalui kerja sama itu, ujar dia, luas tanam jagung ditargetkan mencapai 16.729 hektare se-Sulteng, yang dalam teknis penanamannya melibatkan petani yang tergabung dalam kelompok tani dan gabungan kelompok tani di masing-masing kabupaten dan kota.

"Lahan-lahan pemerintah daerah, dan lahan-lahan petani yang termasuk dalam kategori lahan tidur, kita manfaatkan untuk penanaman jagung dan padi," ungkapnya.

Ia mengakui bahwa pihaknya telah memulai penanaman di wilayah Sulteng yang dimulai dari Kabupaten Tolitoli, Donggala, Poso dan Kabupaten Sigi.

Brigjen TNI Toto Nurwanto menambahkan pihaknya melibatkan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam pelaksanaan program penanaman jagung untuk ketahanan pangan.

Baca Juga: TNI-Pemkab Sigi Berdayakan Petani Tanam Jagung
Hasil Kelola Eks Napiter, BNPT Panen Raya Perdana Jagung Hibrida 80 Ton

Berkaitan dengan itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan pemerintah daerah memberikan dukungan besar terkait program penanaman jagung untuk penguatan ketahanan pangan nasional dan pembangunan kesejahteraan petani.

"Ini wajib, kami akan terus berkoordinasi untuk memberikan dukungan dalam teknis pelaksanaan program. Dengan kolaborasi ini masyarakat dapat memanfaatkan hasil tanaman, termasuk Babinsa, Babinkamtibmas dan pemerintah daerah," ujarnya.

Video Terkait