Pencuri Mesin Traktor 'Bergentanyangan' hingga Buat Petani Resah

Traktor milik petani. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 14 Juli 2022 | 19:10 WIB

Ketenangan para petani di Dusun Sumuran, Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember mendadak terusik dengan kejadian pencurian mesin traktor pembajak sawah.

Akibat lenyapnya mesin traktor tersebut, petani pun resah. Mereka khawatir jika pencuri dibiarkan gentayangan, desa menjadi tidak lagi aman.

“Traktor itu memang sudah lama saya biarkan disawah, hanya digunakan saat buruh tani kerja saja di siang hari. Selebihnya jika malam ada yang jaga dan mengawasi. Namun cara jaganya dengan sesekali ditengok,” ungkap pemilik traktor Arifin kepada Sariagri, Kamis (14/7/2022).

Arifin mengatakan mesin traktor miliknya hilang pada selasa malam lalu dan baru diketahuinya Rabu pagi, (13/7/2022).

Seketika itu langsung dilakukannya croschek kepada yang bertugas jaga, namun diperoleh informasi saat itu penjaganya tengah ada acara keluar desa, sehingga tidak melakukan pemantauan dan terjadilah peristiwa pencurian mesin traktor.

“Waktu saya tanya ke buruh tani yang bertugas jaga, dia bilang malam itu ada acara keluar desa sehingga tidak mengechek keadaan traktor. Karena memang biasanya aman-aman saja. Namun tak tahunya justru malam itu pelaku beraksi,” imbuhnya.  

Kasus inipun sudah dilaporkannya kepada aparat kepolisian setempat, Namun belum ada titik terang. Kuat dugaan pelaku merupakan spesialis pencurian alat mesin pertanian (Alsintan), karena hanya mencuri bagian mesin traktor dan meninggalkan perangkat pembajak di sawah.

“Sudah saya laporkan ke polisi dan ditinjau barusan kamis tadi pagi. Sejumlah orang juga sudah ditanya perihal hilangnya mesin traktor milik saya itu. Pencuri ini termasuk sangat paham, jika ambil alat pembajak bisa ketahuan warga, makanya pelaku hanya bawa mesinnya saja. Harga mesin traktor saat ini sekitar Rp15 juta hingga Rp17 juta,” kata dia.


Sementara itu, Kapolsek Ajung, Iptu Idham Kholid membenarkan adanya laporan warga pemilik traktor kehilangan mesin pembajak sawah. Meski baru kali ini terjadi, kasus pencurian tersebut sempat membuat petani resah.

“Aksi tindak kriminalitas pelaku pencurian di wilayah hukum polres jember kian nekat. Para pelaku ini menyasar apasaja termasuk mesin traktor pembajak sawah milik petani, sehingga warga resah,” tutur Kapolsek Ajung, Iptu Idham Kholid.

Baca Juga: Pencuri Mesin Traktor 'Bergentanyangan' hingga Buat Petani Resah
Viral Petani Lagi Asik Nge-Vlog, Tak Sadar Traktor Miliknya Malah Jalan Sendiri

Menurutnya dalam melancarkan aksi, pelaku diduga berjumlah lebih satu orang. Mereka bekerja sangat rapi, sehingga jejaknya sulit dilacak.

“Kami akan terus buru pelaku. Semoga dalam waktu dekat bisa segera tertangkap. Namun demikian kami mengimbau para petani lainnya untuk tidak meninggalkan begitu saja traktornya ditengah sawah, karena akan memancing pelaku tindak kriminalitas dalam melakukan pencurian serupa,” pungkasnya.

Video Terkait