Mengenal Salah Satu Daerah Produksi Bawang Merah Terbesar di Jabar

Tanaman bawang merah di area sawah tandah hujan di Desa Jalatrang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (Antara Jabar/Adeng Bustomi/agr)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 12 Juli 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Produksi bawang merah di Kabupaten Cirebon menjadi salah satu daerah penyumbang terbanyak di , Jawa Barat (Jabar). Menurut data Dinas Pertanian (Distan) setempat rata-rata mencapai 35 ribu ton per tahun. 

"Produksi bawang merah di Kabupaten Cirebon bisa mencapai 35 ribu ton per tahun," ujar Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Durahman J Supena di Cirebon, Senin.

Durahman mengatakan jumlah itu merupakan akumulasi dari luasan lahan produksi bawang merah yang mencapai 3.400 hektare.

Dia mengatakan, produksi per hektare bawang merah di Kabupaten Cirebon tembus hingga 10,5 ton, sehingga dari jumlah luasan lahan itu, maka produksi bisa mencapai 35 ribu ton.

Dia menjelaskan, dari hasil produksi itu dipastikan Kabupaten Cirebon surplus dan menjadi salah satu daerah penyumbang terbanyak bawang merah di Jawa Barat.

"Lahan produksi ada 3.400 dan per hektare bisa menghasilkan 10,5 ton," katanya.

Durahman menambahkan sentra bawang merah di Kabupaten Cirebon, berada di wilayah timur seperti di Kecamatan Gebang, Losari, dan beberapa daerah lainnya.

Baca Juga: Mengenal Salah Satu Daerah Produksi Bawang Merah Terbesar di Jabar
Begini Cara Bapanas Atasi Masalah Cabai dan Bawang Merah



Namun lanjut Durahman, setelah harga bawang merah anjlok berkisar Rp10 ribu per kilogram, maka para petani sempat beralih menanam komoditas lainnya.

"Untuk sentra bawang merah di Kabupaten Cirebon ada di wilayah timur," pungkasnya.

Video Terkait