Yuk Bikin Pestisida Alami yang Ramah Lingkungan dengan Bahan Berikut

Ilustrasi pestisida alami. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Senin, 11 Juli 2022 | 19:50 WIB

Sariagri - Pestisida merupakan pembasmi hama yang biasanya digunakan dalam perkebunan skala besar. Meski begitu, penggunaan pestisida untuk hama tanaman sudah mulai ditinggalkan karena dinilai tidak ramah lingkungan dan berbahaya.

Melansir situs Pustaka Setjen Kementerian Pertanian, pestisida alami dapat dibuat dengan umbi dagung. Pestisida nabati ini juga dapat dibuat sendiri di rumah.

Caranya pertama-tama adalah dengan mengumpulkan bahan umbi gadung yang akan digunakan. Setelah bahan terkumpul cuci hingga bersih lalu hancurkan baik dengan blender maupun ditumbuk.

Setelah itu, lakukan perendaman dalam air selama satu sampai tiga hari untuk mendapatkan ekstraksi umbi gadung. Setelah direndam selama tiga hari, saring atau peras larutan tersebut. Larutan ekstraksi pun siap digunakan.

Meski terlihat gampang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat pestisida nabati tersebut. Pilihlah tanaman atau bagian tanaman yang sehat dan bebas dari serangan OPT.

Baca Juga: Yuk Bikin Pestisida Alami yang Ramah Lingkungan dengan Bahan Berikut
Akibat Perang, Benih Tanaman di Ukraina Terancam Punah

Jika bahan ekstraksi akan disimpan dalam waktu relatif lama, pastikan bagian tanaman yang akan digunakan benar-benar kering dan disimpan pada tempat yang mempunyai ventilasi.

Jangan disimpan dalam tempat yang terbuat dari plastik. Apabila bahan pestisida akan digunakan pastikan tidak berjamur.

Bersihkan alat-alat yang digunakan dalam membuat ekstraksi supaya tidak menyebar. Gunakan sarung tangan dan masker ketika pembuatan ekstrak umbi gadung supaya tidak bersentuhan langsung. Simpanlah pestisida nabati tersebut di tempat khusus dan jauh dari jangkauan anak-anak.