Kelompok Tani di Kulon Progo Dapat Bantuan Traktor Capung

Sekretaris DPP Kulon Progo Sri Wijayanti menyerahkan bantuan traktor capung. (Antara/HO-Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo/Sutarmi)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 8 Juli 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menyerahkan bantuan empat traktor capung kepada kelompok tani di Kecamatan Samigaluh, Nanggulan dan Girimulyo. Bantuan itu dianggarkan melalui dana APBD Kabupaten Tahun 2022 

??????"Adanya bantuan traktor ini diharapkan dapat bermanfaat bagi petani khususnya dan kelompok tani pada umumnya dan dapat meningkatkan produktivitas yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Sri Wijayanti di Kulon Progo, Jumat.

Kelompok tani penerima bantuan traktor capung yaitu Kelompok Tani Margo Rukun Cepitan Wijimulyo, Kelompok Tani Rukun Tani Sidoharjo, Kelompok Tani Sido Rahayu Pendoworejo, dan Kelompok Tani Suko Makaryo Kebonharjo. Masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan satu traktor capung.

Dia mengatakan pemberian bantuan alat mesin pertanian bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang kerap timbul dari penggunaan metode konvensional yang seluruh prosesnya masih mengandalkan tenaga manusia.

Traktor capung sebagai salah satu bentuk implementasi inovasi teknologi di bidang pertanian, dengan penerapan pertanian modern, petani dapat menghemat tenaga dan mendapatkan hasil produksi yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Traktor capung ini cocok digunakan untuk daerah di dataran tinggi karena memang didesain khusus sebagai solusi pengolahan lahan terasering dengan bentuknya yang kecil, ringan dan stabil.

"Kelompok tani yang mendapat bantuan ini menggarap lahan di perbukitan dengan sistem terasering. Kami berharap traktor capung ini memudahkan dalam pengolahan lahan," kata Sri.

Baca Juga: Kelompok Tani di Kulon Progo Dapat Bantuan Traktor Capung
Petani Kulit Hitam Ini Luncurkan Program Ajak Generasi Muda Bertani



Pelaksana Sub Koordinator Kelompok Substansi Produksi Tanaman Pangan DPP Kulon Progo Kirmi mengharapkan kelompok tani dapat memanfaatkan, menjaga, dan merawat dengan baik bantuan traktor ini.

"Selain itu, segala aktivitas yang berkaitan dengan traktor baik sewa traktor maupun biaya operator traktor harus dicatat dan dibukukan," katanya.

Video Terkait